Home / kesehatan / Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketaui

Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketaui

Awal mula tercipta nya rokok elektrik “vapor” hanya untuk mengurangi kecanduan terhadap rokok tembakau, karena rokok pada umumnya berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun kenyataan dampak rokok elektrik sama berbahaya nya dengan rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi masalah bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya.

Inilah beberapa bagian rokok elektrik yang di dalam nya terdapat cairan perasa ketika dipanaskan akan menghasilkan uap. Tombol daya dan alat pemanas yang digunakan dapat mengubah cairan perasa menjadi asap. Alat penampung perasa juga dapat diisi ulang, Sebagian perusahaan menjual cairan perasa tertentu. Antara lain perasa mentol, buah-buahan, kopi, coklat maupun susu.

Sebenarnya perasa rokok elektrik tidak mengandung nikotin, Namun banyak nya permintaan konsumen untuk menambahkan nikotin pada rokok elektrik, sehingga banyak beredar perasa yang mengandung nikotin. Terus bedanya apa dengan rokok pada umumnya? Sama saja kan. Nikotin juga akan membuat kita kecanduan untuk mengunakan rokok elektrik tersebut.

Nikotin yang terkandung di dalam rokok elektrik ternyata dapat menyebabkan pengguna nya terinfeksi penyakit paru-paru. Saat rokok diisap, cairan rokok akan mengakibatkan kanker. Rokok elektrik juga memiliki pengatur suhu sehingga bisa mengatur kadar nikotin. Akan tetapi, semakin tinggi pengaturan suhu, maka semakin banyak pula asap yang dikeluarkan. Tentu dengan tinggi nya nikotin yang digunakan dapat membahayakan paru-paru para pengguna rokok elektrik.

Disinilah anda dapat mengetaui betapa bahaya nya untuk pengguna rokok elektrik

1. Rokok elektrik dapat Terbakar
Rokok elektrik merupakan rokok yang menggunakan bantuan baterai untuk memanaskan bagian yang menjadikan perasa berubah menjadi asap. Apabila arus yang dihasilkan baterai atau terjadi suatu kesalahan akan membuat pemanas menjadi terbakar. Sekecil apapun kapasitas baterai dan arus listrik yang dihasilkan, namun efek ledakan yang terjadi akan sangat membahayakan diri anda sendiri.

2. Kadar Nikotin Yang Tidak Menentu
Nikotin merupakan zat berbahaya yang dapat mematikan apabila pengguna rokok elektrik memilih kadar nikotin yang terlalu tinggi. Sebagian penjual banyak mencampurkan nikotin pada perasa yang dibuatnya, Bagaimana kalau kadar nikotinnya terlalu tinggi? Bisa dibayangkan kan, betapa berbahayanya bagi pengguna rokok elektrik.

3. Merusak Paru Paru
Asap yang dikeluarkan dari rokok elektrik berasal dari perasa yang dihasilkan dari campuran zat-zat berbahaya seperti propilen glikol, gliserin. Asap akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan iritasi pada paru paru pengguna, bahkan jika anda pengguna rokok elektrik dengan waktu yang cukup lama anda akan muda terserang penyakit kanker.

4. Penyakit Jantung
Asap yang masuk ke dalam saluran peredaran darah. akan mengikat oksigen, sehingga pasokan oksigen keseluruh tubuh menjadi terganggu. Dampak yang ringan biasanya hanya pusing-pusing. Tetapi apabila hal ini terus berlanjut, kemungkinan akan teserang penyakit jantung.

Apabila anda pengguna rokok eletrik yang aktif anda harus cukup berhati-hati, lalu apakah anda masih ingin menggunakan rokok berbahaya tersebut. lebih baik anda berhentilah merokok, sebelum rokok membunuhmu!

Check Also

buah-dan-sayur-untuk-ibu-hamil-muda

7 Manfaat Sayuran Untuk Kehamilan Wanita

Kehamilan adalah waktu di mana keturunan satu atau lebih berkembang dalam rahim seorang wanita. Kehamilan …