Home / Pengetahuan / 6 Fakta Mengejutkan Tentang Hujan

6 Fakta Mengejutkan Tentang Hujan

Ya guys namanya juga sudah masuk bulan januari, tentu identik dengan musim hujan bukan? Musim yang dimana setiap harinya bakal turun hujan, tentu hal tersebut sangat mengganggu untuk setiap kali kita ingin melakukan rutinitas.

Hujan adalah peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi. Indonesia yang berada di wilayah tropis hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Itu sebabnya hujan sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat Indonesia. Namun disini ada hal lain yang kalian harus tau tentang hujan. Mau tau apa?

Nah ini dia 6 Fakta mengejutkan tentang hujan

1. Kecepatan rata rata hanya 8-10 km/jam

Ternyata air hujan yang turun ke bumi sebenarnya memiliki kecepatan yang rendah. Kecepatan turunya hujan rata rata hanya 8-10 km/jam. Hal itu terjadi karena titik air hujan memiliki bentuk khusus yang berfungsi meningkatkan efek gesekan terhadap lapisan, sehinga membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Nah bagaimana kalok bentuk titik hujan memiliki kecepatan yang tinggi, tentu air akan jatuh sangat banyak sehingga dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal untuk bumi kita tercinta. Bisa bahaya guys kalok hal itu harus terjadi.

2. Ketinggian minimum awan hujan 1200 meter diatas permukaan tanah

Ya 1200 meter dari permukaan tanah adalah ketinggian minimum yang bisa membentuk terjadinya awan yang merupakan kumpulan dari titik titik air sebelum jatuh ke bumi menjadi hujan. Sedangkan untuk batas maksimal yang diketahui, awan hujan masih dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter. Ada sebuah tempat di bumi ini yang mengalami hujan sepanjang tahun, yakni Mt. Waialeale di Kauai, Hawaii dengan frekuensi hujan hampir sepanjang tahun di mana ada 350 hari dalam setahun yang selalu basah oleh hujan.

3. Butiran yang sangat kecil ( 0,02 inchi sampai 0,031 inchi )

Fakta lainnya tentang hujan adalah, ketika satu tetes air hujan mulai jatuh dari ketinggian 10.000 meter, ternyata cukup berdampak besar, bahkan hal itu bisa disamakan dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Dahsyat juga ya guys, padahal ukuran setiap tetes air hujan itu kecil banget dengan diameter yang berbentuk antara 0,02 inchi sampai sekitar 0,031 inchi. Perlu diketahui juga butiran air hujan mengalami perubahan bentuk ratusan kali tiap detik nya. Dan apabila butiran air hujan itu dibekukan maka akan membentuk sebuah keping kristal yg sangat indah.

4. 16 Juta ton air menguap dari bumi setiap detik

Mungkin kita takan pernah tau berapa jumlah air yang turun dari bumi setiap detik turun hujan? Sungguh mencengankan jawabanya guys? Bedasarkan fakta yang ada, kurang lebih 16 juta ton air yang menguap dari bumi setiap detik nya membentuk awan hujan. Dan air dengan jumlah yang sama pun akan turun ke bumi dalam tiap satu detik nya. Dapat kita ketaui bersama bahwa siklus air yang secara sederhana berawal dari proses penguapan yang merupakan kunci dari siklus air hujan. Penguapan berasal dari air laut, sungai, juga dari tanaman yang mengalami penguapan dan bergerak ke angkasa untuk membentuk awan.

Uap air dalam awan yang mengalami titik jenuh itulah yang kemudian berubah menjadi titik titik air dan selanjutnya akan turun dalam bentuk hujan di daerah permukaan bumi, berbeda dengan daerah kutub, bentuk air akan jatuh dalam bentuk es dan salju.

5. Bau khas hujan

Ya mungkin kita tidak pernah tau bahwa hujan ternyata mempunyai bau segar yang khas? Kalau tidak percaya coba tunggu hujan turun lalu hirup aromanya. Namun apakah kalian tau dari bagaimana bau yang dikeluarkan hujan bisa terjadi, hal itu terjadi karena tetesan air hujan menghasilkan senyawa yang mengandung zat saat menyentuh tanah dan senyawa itulah yang menghasilkan bau hujan.

6. Mampu menghipnotis manusia

Inilah fakta terakhir yang mencengangkan tentang hujan. Ternyata hujan memiliki kemampuan menghipnotis manusia untuk mengingat masa lalu. Rindu akan masa lalu, rindu akan semua kenangan yang pernah ada. Para ilmuwan pun meyakini bahwa pada hal tersebut manusia biasanya mendapatkan inspirasi saat hujan mulai turun membasahi bumi.

Itulah beberapa fakta tentang hujan, semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya. Terimah kasih

Check Also

Deretan Rumah Sakit Terbaik Di Dunia

Hyderabad merupakan nama kota yang ada di india yang memiliki beberapa rumah sakit pemerintah kelas …